Program Khas

Sekolah Alama Al-Giva memlikir program khas yang memberikan nilai-nilai dan wawasan baru kepada siswa. Dengan metode pendidikan yang menyatu dengan alam para siswa tidak hanya mendapatkan mater-materi pelajaran formal tapi juga bisa lebih menghargai dan menyayangi alam disekitarnya.

Program Pembelajaran Khas Sekolah Alam AL Giva

A. Daily Activities
Merupakan aktifitas harian yang dilakukan di lingkungan sekolah. Program pembelajaran harian disusun berdasarkan tema pembelajaran. Program pembelajaran lebih mengedepankan praktek langsung di lapangan untuk mendapatkan pemahaman tentang konsep pembelajaran. Dalam aktifitas harian ini, siswa melakukan beberapa aktifitas yang bersifat pembiasaan seperti:

1. Morning activities
Pada saat morning activities ini, siswa/i belajar untuk melakukan aktifitas yang diharapkan akan menjadi kebiasaan anak. Beberapa aktifitas yang dilakukan adalah qiraati, sholat dhuha, snack time, freeplay, circle time. Semua aktifitas ini dilakukan dalam waktu 45-60 menit. Jumlah dan jenis aktifitas disesuaikan dengan tahap perkembangan dan kemampuan anak.

2. Main Activities
Merupakan kegiatan utama dalam pembelajaran, dimana siswa/i diberi pengalaman langsung untuk memahami suatu kompetensi sehingga secara kontekstual sehingga mereka mampu merasakan secara langsung yang mereka pelajari dan mengambil hikmah dibalik kegiatan.

3. Makan siang
Merupakan aktifitas untuk menumbuhkan kemandirian, tanggungjawab dan life skill siswa/i. Anak dibiasakan untuk menghabiskan makanan yang sudah mereka ambil dan mencuci alat makan mereka sendiri.

4. Istirahat Siang/ Qoilullah
Merupakan aktifitas yang bertujuan agar siswa/i dapat beristirahat sejenak sebelum melakukan aktifitas selanjutnya. Istirahat siang ini diisi dengan tidur siang atau berkisah oleh fasilitator sambil dilantunkan surat-surat pendek Al-Quran.

5. Sholat dzuhur berjama’ah
Pilar taqwa adalah pilar pertama yang dituju kurikulum Sekolah Alam Al Giva. Sholat dhuhur berjamaah merupakan salah satu kegiatan pilar taqwa selain qiraati dan sholat dhuha.

6. Closing/ Refleksi
Aktifitas yang dilakukan saat closing ini mengajak siswa/i untuk merefleksikan setiap aktifitas yang telah dilakukannya sehingga siswa dapat mengambil value dari setiap pengalaman yang diperolehnya.

B. Kunjungan Edukatif dan Social Gathering
Merupakan aktifitas belajar dari realitas yang ada di sekitar kita untuk
mengenal dan menambah pengetahuan serta membangun hubungan sosial yang lebih luas. Aktifitas ini merupakan salah satu bentuk pengenalan pada siswa/i tentang kondisi sesungguhnya dari apa yangdipelajarinya dengan mengunjungi obyek ilmu pengetahuan sesuai dengan tema pembelajaran

C. Outbound
Adalah aktifitas fisik anak untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan, membangun percaya diri, meningkatkan life skill dan keberanian serta kerjasama dan hubungan sosial. Outbound dilaksanakan di lingkungan dalam dan luar sekolah. Tujuan dari kegiatan outbound adalah untuk membangun karakter tangguh seorang pemimpin. Kegiatan outbond terdiri
dari : permainan tradisional, low impact, high impact, life skill (berenang, bersepeda dan memanah )

D. Home Visit
Merupakan aktivitas kunjungan ke rumah siswa/i untuk melakukan aktifitas pembelajaran dengan melibatkan orangtua sebagai fasilitator. Selain itu kegiatan ini bertujuan untuk mengenal lebih dalam dan menjalin silaturahim dengan keluarga siswa serta mengenalkan adab-adab bertamu.

E. Berkebun dan beternak (greenlab)
Kegiatan ini ditujukan untuk menumbuhkan rasa kasih sayang anak terhadap lingkungan sekitar baik hewan maupun tumbuhan. Dengan berkebun dan beternak anak akan berlatih dari proses menyayangi dengan memelihara, melestarikan dan memanfaatkannya tanpa merusak.

F. Art & Creativity
Pada aktifitas ini anak diajak melakukan Reuse-Recycle dari barang bekas.

G. Cooking
Aktifitas ini untuk meningkatkan lifeskill, kepercayaan diri dan kreatifitas anak.

H. Guru Tamu
Merupakan kegiatan menghadirkan nara sumber untuk tema atau proyek yang sedang dipelajari. Dalam kegiatan ini siswa dapat berdiskusi langsung dan mendapatkan cerita inspiratif dari guru tamu tersebut.

I. Project With Parent dan Home Challenge
Adalah aktifitas yang bertujuan untuk melihat sejauh mana pemahaman anak terhadap kompetensi dan pengetahuan yang berhubungan dengan tema pembelajaran.

J. Business Day dan Market Day
Merupakan aktifitas yang dilakukan bersama-sama seluruh komponen sekolah untuk mengapresiasikan hasil karya anak dan mengenalkan konsep kewirausahaan pada anak. Waktu dan tema aktifitas bersifat optional.

K. Camping/ Kelas Malam
Merupakan aktifitas yang dilakukan bersama-sama dengan semua siswa/i yang dilakukan di luar atau di dalam lingkungan sekolah. Semua aktifitas dilakukan untuk memberikan pengalaman kepada anak tentang cara beradaptasi di lingkungan alam, mendekatkan diri pada Allah, belajar untuk berani, percaya diri, bekerjasama dan berinteraksi dengan lingkungan luar.

L. Eksplorasi / Ekspedisi
Merupakan kegiatan perjalanan beberapa hari. Kegiatan ini merupakan refleksi dari kehidupan nyata. Siswa harus mempersiapkan bekal dengan fundrising. Sikap santun terhadap sesama dan lingkungan, berhati-hati, disiplin, persiapan matang serta kedekatan dengan Sang Pencipta merupakan beberapa hal yang menjadi penekanan dalam kegiatan ini.

M. Magang
Adalah kegiatan magang disuatu tempat untuk menumbuhkan rasa respact, care & responsible serta memberikan wawasan tentang profesi dalam kehidupan nyata.